cover
Contact Name
sarnoto
Contact Email
jurnalmadani2020@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalmadani2020@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi Barat Kota Bekasi
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Madani Institutte : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Budaya
ISSN : 2303145X     EISSN : 2776978X     DOI : https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1
Institut Madani adalah Jurnal bidang Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya menyambut baik naskah-naskah berkualitas tinggi yang dihasilkan dari sebuah proyek penelitian dalam lingkup Pendidikan, Pendidikan Islam, Hukum, Ilmu Politik dan Sosial
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya" : 7 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Narrative Text Menggunakan Series Of Pictures Dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 127 Jakarta Marlini Marlini
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.728 KB)

Abstract

Kompetensi menulis (writing) siswa kelas VIII salah satunya adalah narrative text. Dalam hal ini kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta masih kesulitan dalam memahami dan menyusun narrative text dalam bahasa tulis serta menceritakanya dalam bahasa lisan. Berdasarkan hasil interviu, observasi dan tes dengan siswa, hal ini terjadi karena siswa kesulitan dalam menentukan pemilihan kata yang tepat (Diction) yang terjadi karena minimnya kosakata (vocabulary) yang mereka miliki. Bardasarkan latarbelakang diatas, peneliti memformulasikan masalah sebagai berikut: Apakah penggunaan series of pictures dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta dalam menyusun narrative text? Sesuai dengan rumusan permasalahan tersebut di atas, penelitian ini bettujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta dalam menyusun narrative text menggunakan series of picture dengan pendekatan kontekstual. Harapan peneliti, hasil penelitian tindakan kelas ini akan bermanfaat secara praktis. Manfaat bagi sekolah diantaranya kualitas pendidikan di sekolah akan meningkat dan dengan meningkatnya kompetensi siswa dan kualitas guru dalam pengajaran (penggunaan media pembelajaran dan metode/strategi pengajaran yang tepat). Adanya informasi yang diperoleh dari penelitian sehingga dapat dijadikan sebagai bahan kajian bersama agar dapat meningkatkan kualitas sekolah. Manfaat bagi stake holder dapat menggunakan data yang diperoleh dari penelitian ini untuk digunakan sebagai data rujukan dalam merencanakan serta mengambil kebijakan, seperti dalam menyusun kuriklum, pengembangan silabus dan dalam perbaikan perencanaan Pembelajaran. Sedangkan manfaat bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pengajaran.
Penerapan Metode Bermain Teamwork Untuk Meningkatkan Motivasi Dalam Belajar Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta Maryani Maryani
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.738 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metode permainan teamwork pada siswa kelas kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta. Penelitian di lakukan secara kolaboratif antara guru Bimbingan Konseling (BK) kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta dengan guru kolaborator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri atas 3 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Adapun jenis permainan yang digunakan adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui metode bermain teamwork . Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pra tindakan dengan hasil pasca tindakan I dan II yang mengalami peningkatan dari 59,4% meningkat menjadi 72,9% dilanjutkan dengan siklus kedua sehingga mencapai rata-rata menjadi 78,4%. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan sebesar 76% sudah terlampaui. Selain itu siswa yang mendapatkan skor kategori tinggi sebanyak 33 siswa dari 36 siswa. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon.
Metode Penggunaan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta Riptahadi Wibisono
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.739 KB)

Abstract

Penelitian ini diterapkan di kelas X IPA-1 yang berjumlah 36orang dengankomposisi siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 18 orang, dengan tujuan untukmeningkatkan keterampilan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui penggunaan langkah Polya. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perlu ditekankan penggunaan langkah prosedural sebagaimana dianjurkan oleh George Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa hasil yang diperoleh. Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu mengubah perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan dan kebiasaan. Pembelajaran matematika di sekolah mengemban tercapainya dua sasaran yaitu (1) Terbentuknya karakter peserta didik yang logis, kritis, rasional,cermat, efektif dan efisien dan (2) Implementasi hasil dalam kehidupan sehari- hari dan pengembangan ilmu pengetahuan. Menurut pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMA ini, sebagian besar siswa kelas X mengalami kesulitan dalammenyelesaikan soal cerita dengan benar. Bahkan dapat dikatakan bahwa soal cerita merupakan masalah, dipandang dari sisi kemampuan menangkap makna kalimat maupun kemampuan menggunakan prosedur penyelesaiannya. Di samping itu penyelenggaraan ujian nasional yang menggunakan soal pilihan ganda dapat merangsang siswa untuk menyelesaikan dengan jalan pintas. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel belum maksimal. Persentase keterampilan mencapai 45% dan ketuntasan belajar mencapai 42,5%. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentase keterampilan sebesar 75% sedangkan ketuntasan belajar mencapai 77,5%. Dengan demikian keterampilan siswa meningkat 30% dan ketuntasan belajar meningkat 35%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan langkah Polya, keterampilan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan.
Model Mengajar Pendidik Anak Usia Dini Pada RA Bait Qur’any At-Tafkir Tangerang Selatan Akhmad Shunhaji; Ahmad Zain Sarnoto; Ely Budiyanti
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.766 KB) | DOI: 10.53976/jmi.v8i1.7

Abstract

The results found in this thesis are early childhood education in RA Bait Qur’any at-Tafkir using a home learning teaching model. The intended home learning teaching model has characteristics. First; Islamic values. Second, there are 4 teaching models in RA at-Tafkir namely: Scientific, Muhadatsah, contextual learning and problem solving learning. The teaching model is integrated with Islamic values as the main basis. Third, the application has been done with home learning. The application involves the role and function of parents to run the RA at-Tafkir program.The results of this research have similarities with the opinions of Nurul Hikmah & Nurul Habiburrahmanuddin (2018) regarding education in the Qur'an being taught to children from an early age and Amirullah Syarbini (2017) who emphasizes character education in the family to instill Islamic values early on. This is different from the opinion of Maria Montesorri (1952), Syamsidah (2012), Timothy D. Walker (2017), Vidya Dwina paramita (2018) which gives children freedom to do daily activities and agendas. This study uses a qualitative descriptive approach with primary data sources. The data collection is done through document studies. The data is carried out deepening and confirmation through interviews and observations.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PANGKAT RASIONAL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) SISWA KELAS X-IPA-2 SMA NEGERI 26 JAKARTA Rosita Medina
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.732 KB)

Abstract

Keberhasilan siswa di SMA sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya di sekolah lanjutan. Menurut informasi dari guru SMA Negeri 26 Jakarta diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas X-IPA-2 selalu di bawah enam. Dalam proses pembelajarannya, guru berupaya memberikan penjelasan materi secara lengkap. Dalam proses pembelajaran, guru memulai dengan menjelaskan memberi contoh latihan soal. Jadi siswa secara langsung diberikan rumus-rumus matematika tanpa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri. Pada pembelajaran CTL guru tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta tetapi guru hendaknya mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui CTL siswa diharapkan belajar melalui ‘mengalami’ bukan ‘menghapal’. Dalam pembelajaran, guru perlu memahami konsepsi awal yang dimiliki siswa dan mengaitkan dengan konsep yang akan dipelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (a) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X-IPA-2 SMA Negeri 26 Jakarta dengan implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan LKS., (b) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan kontekstual melalui pembelajaran kooperatif berbantuan LKS. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Sehingga pada simpulannya menunjukkan, bahwa Penerapan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pendekatan kontekstual sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 82 JAKARTA Marojahan
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.747 KB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari, bahwa tidak menarik dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, hanya sedikit sekali siswa yang menyukainya, ini terbukti dengan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa selalu rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesulitan belajar siswa dalam bidang studi matematika, kegiatannya dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dengan memaksimalkan keaktifan siswa, guru hanya sebagai fasilitator dan motifator. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh dengan nilai tes, observasi dan angket, dimana fungsi dari data yang telah diperoleh sebagai berikut: (1) Nilai tes untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dalam memahami materi yang diajarkan. (2) Observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan (3) Angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini penulis tentukan sebagai berikut: (1) Siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran yang peneliti lakukan jika: (1) Nilai hasil test mencapai ≥ 67,55, (2) Nilai afektif dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran mencapai ≥ 13, (3) Nilai angket untuk mengetahui respons siswa dalam pembelajaran mencapai ≥ 26. Penelitian ini dinyatakan berhasil jika terjadi siswa yang dinyatakan berhasil dalam pembelajaran dari siklus I s.d. siklus III pada tiga penilaian yang penulis tetapkan terhadap penelitian tindakan ini mengalami peningkatan (jumlahnya semakin banyak). Dari hasil peneleitian diperoleh gambaran, siswa memperoleh ≥ 67,55 pada silus I sebesar 16 siswa (40 %), siklus II sebesar 27 siswa (67,5 %) dan siklus III sebesar 34 siswa (85 %). Dari hasil observasi diperoleh gambaran adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 17 siswa (42,5 %), siklus II sebesar 26 siswa (65 %) dan siklus III sebesar 34 siswa (85 %). Adapun hasil dari angket tentang respoons siswa terhadap pembelajaran diperoleh gambaran pada siklus I I sebesar 19 siswa (47,5 %), siklus II sebesar 27 siswa (72,5 %) dan siklus III sebesar 35 siswa (87,5 %).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS BUKU HARIAN MELALUI INVESTIGASI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 55 JAKARTA Dinar Maida Sianipar
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.733 KB)

Abstract

Dari hasil studi awal di kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta , bahwa kesulitan-kesulitan menulis buku harian disebabkan (1) siswa masih kesulitan dalam mengembangkan data faktual dalam keseharian, (2) siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan tulisan secara sistematis, dan (3) siswa masih belum mampu menulis dengan memperhatikan aspek kebahasaan, seperti pilihan kata (diksi), penggunaan kata yang efektif, menghubungkan paragraf satu dengan paragraf lainnya, ejaan dan tanda baca. Dengan demikian, tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis buku harian pada Kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta dengan menggunakan teknik investigasi kelompok terbimbing.Setelah dilaksanakan penelitian dengan teknik investigasi terbimbing, maka pada siklus I maka sudah ada peningkatan kemampuan menulis karangan, namun belum maksimal sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Lalu di siklus II, sudah mengalami peningkatan kemampuan menulis karangan, karena hasil yang dicapai sudah maksimal sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hal ini dinyatakan pada perolehan nilai siswa yang telah mencapai standar yang diharapkan

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 12 No. 1 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 11 No. 2 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 11 No. 1 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 2 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 1 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 9 No. 2 (2020): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 2 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 1 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 3 No. 1 (2014): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 2 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya More Issue